Yuk Ketahui Alasan Kenapa Indonesia Harus Mengekspor Barang ke Amerika Serikat

Pastinya, anda tidak asing lagi mendengar kata ekspor. Sebagai salah satu aktivitas mengirimkan barang ke luar negeri, ekspor memang memegang peranan penting guna menaikkan perekonomian bangsa. Apalagi barang yang diekspor indonesia ke amerika serikat membuahkan hasil yang sangat membanggakan akhir akhir ini. Ingin tahu apa alasannya? Yuk simak ulasan berikut.


Alasan Kenapa Indonesia Harus Mengekspor Barang ke Amerika Serikat
1. Hubungan Bilateral Antara Indonesia dengan Amerika Serikat
Perlu anda ketahui, bila bilateral merupakan kondisi dimana terdapat dua negara ataupun organisasi yang memiliki perjanjian perdagangan atau bekerjasama guna mencapai sesuatu. Dengan adanya bilateral yang dilakukan antara Indonesia dan Amerika Serikat, maka akan menambahkan keuntungan bagi tiap negara serta guna menjalin hubungan baik diantara keduanya.


Apalagi kini, hubungan antara kedua negara ini sedang baik sehingga kerjasama dalam bidang ekonomi perdagangan tentunya akan mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Tak ayal jika pihak pemerintah Amerika Serikat acap kali meminta bantuan kepada Indonesia untuk mengekspor berbagai hasil alamnya ke negara adi kuasa satu ini.


2. Amerika Serikat Merupakan Negara Perekonomian Terbesar di Dunia
Karena barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat sangatlah berlimpah, sehingga membuat negara kedua ini mendapatkan keuntungan. Apalagi Amerika Serikat merupakan negara dengan perekonomian terbesar di dunia, jadi tak heran bila ia tak pernah kehabisan dana guna mengimpor barang dari berbagai negara terutama Indonesia.


Dalam sebuah data menjelaskan bahwa pada tahun 2018, Amerika Serikat mencatatkan produk domestik bruto atau PDB riil sebesar USD 21,4 triliun. Angka ini setara dengan 30 persen dari total produk domestik bruto di dunia. Dari data satu inilah, menunjukkan jika Amerika Serikat menjadi pasar yang besar dengan jumlah penduduk mencapai 331 juta orang. 


3. Penduduk Amerika Serikat Adalah Masyarakat Konsumtif
Masyarakat konsumtif sendiri yakni suatu perilaku yang menandakan bahwa seseorang suka membelanjakan uangnya dalam jumlah yang besar. Mengingat Amerika Serikat merupakan negara Adikuasa, sehingga membuat masyarakatnya menjadi lebih konsumtif. Tak ayal bila barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat tak pernah menurun dan selalu meningkat.


Bahkan dalam data tahun 2018 menunjukkan jika tingkat konsumsi masyarakat Amerika Serikat telah mencapai angka USD 16 triliun. Jumlah ini ternyata setara dengan sepertiga konsumsi masyarakat seluruh negara di dunia. Salah satu produk yang paling menonjol diantara yang lainnya oleh penduduk Amerika Serikat yakni makanan dan minuman. 


4. Amerika Serikat Merupakan Tujuan Ekspor Nonmigas
Bisa dikatakan, bila Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor nonmigas terbesar kedua bagi Indonesia setelah China. Meskipun berada di posisi kedua, neraca perdagangan dengan Amerika Serikat justru selalu mengalami peningkatan apapun kondisinya, berbeda dengan China yang hasilnya defisit. Bahkan nilai ekspor nonmigas telah mencapai angka USD10,23 miliar.


5. Pasar Amerika Serikat Bisa Mendongkrak Popularitas Produk
Karena dikenal sebagai negara Adikuasa yang paling ditakuti oleh berbagai negara di dunia, membuat pasar Amerika Serikat bisa mendongkrak popularitas produk yang diekspor. Tak ayal bila banyak sekali eksportir di dunia yang berambisi untuk masuk ke dalam pasar AS. Hal ini pun berlaku pada barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat yang memiliki standar kualitas tinggi.


Berkat ekspor yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia, tingkat perekonomian masyarakatnya semakin meningkat. Apalagi sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah dan disertai sumber daya manusianya yang sangat kuat nan kreatif. Sehingga tak heran bila pihak pemerintahan sangat berambisi untuk menargetkan memasuki segala pangsa dunia.