Sudah tahu fungsi asli dari termometer? Yuk cek disini!

Deskripsi dari Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengatur temperatur atau suhu (perubahan suhu) pada umumnya terbuat dari tabung kaca. Dan berisi zat cair termometik, istilahnya berasal dari bahasa latin yaitu thermo yang berarti panas dan meter yang artinya mengukur. Alat pengukur suhu tubuh yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah jenis air raksa dan masih banyak lagi. Zat cair dari pengukur suhu tubuh adalah zat cair yang mengalami perubahan fisik jika dipanaskan atau didinginkan yaitu air raksa. Pengukur suhu tubuh jenisnya sangat banyak antara lain klinis, dinding, bimetal dan maksimum-minimum berikut jenis-jenisnya yang umum dikenal.
Inilah Fungsi Asli Termometer

1. Termometer Bimetal Mekanik
Termometer ini berasal dari dua buah kepingan logam yang memiliki koefisien muai yang berbeda bimetal merupakan gabungan dua kata. Dua kata itu adalah bi dan metal, Bi artinya duo dan metal artinya logam duo kepingan logam pada bimetal mekanik. Logam tersebut akan melengkung jika terjadinya perubahan pada suhu prinsip kerjanya dari bimetal adalah pada suhu yang lebih tinggi. Namun sebaliknya jika pada suhu yang rendah keping bimetal akan melengkung kearah logam yang memiliki koefisien muai yang lebih rendah. Jenis bimetal mekanik selain digunakan untuk pengukur suhu juga digunakan sebagai lampu sein mobil, setrika, termostat  dan masih banyak lagi.

2. Termometer Klinis
Termometer klinis adalah pengukur suhu badan juga dimanfaatkan di bidang kesehatan dan dibedakan menjadi dua yaitu analog dan digital dibedakan penampilan nilai suhu. Suhu badan dapat diukur dengan pengukur suhu tubuh klinis yaitu melalui rongga mulut, ketiak atau diantara lekukan pada tubuh lainnya. Suhu manusia itu normalnya pada kisaran 37 derajat celcius  suhu manusia yang normal bisa berubah dalam sehari karena tergantung aktivitas. Sementara itu pada pengukur suhu tubuh pada klinis analog, nilai suhu ditampilkan oleh naiknya air raksa dengan cara melihat angka. Angka yang naik dicapai oleh air raksa pada pipa kapiler sedangkan digital ditampilkan dari angka tertera pada layar kecil pengukur.

3. Termometer Alkohol
Termometer ini dari cairan yang menggunakan alkohol sebagai pengisinya, karena alkohol itu lebih peka dari pada air raksa. Sehingga ketika memuai, perubahan volumenya terlihat lebih jelas, ia disebut minimum karena mampu mengukur suhu yang terendah. Apabila suhu dingin, cairan alkohol akan bergerak kekiri dan sebaliknya. Apabila suhu naik maka  indeks penunjuk warna akan berada tetap pada posisinya walaupun cairan alkohol mengembang dan bergerak ke arah kanan. Untuk menghindari gaya gravitasi pengukur suhu alkohol atau minimum diletakkan mendatar dan itulah uraian dari pengukur suhu alkohol atau minimum.

4. Termometer inframerah
Biasanya digunakan sebagai pengukur suhu dari benda-benda yang panas, benda dengan pergerakan yang cepat, atau benda yang berbahaya. Termometer disebut juga dengan laser jika menggunakan sinar laser untuk mengukur suhu benda untuk mendeteksi temperatur secara optik. Pengukur suhu tubuh ini banyak tersedia di pasaran mulai dari yang fleksibel hingga memiliki fungsi khusus hingga sistem pembaca yang lebih kompleks. Konfigurasi fasilitas pengukur suhu ini bekerja dengan jarak jauh tanpa menyentuh objek untuk mengukur di jarak yang jauh. Desain utamanya terdiri dari lensa pemfokus energi pada detektor yang mengubah energi menjadi sinyal elektrik, ditunjukkan dalam unit temperatur.

Demikianlah ulasan dari fungsi asli termometer yang perlu kita ketahui. Dengan banyaknya jenis dari alat pengukur suhu tersebut, anda pun dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda. Simpan alat ini dalam tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak - anak. Selain itu, jangan lupa untuk merawat alat pengukur suhu ini agar tidak cepat rusak. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi anda.